Komunitas Offroader Jawabarat meriahkan HUT TNI ke 79 digelar Kodim 0610 Sumedang

Olahraga

SUMEDANG – Puluhan Offroader dari sejumlah Komunitas di Jawa Barat, mengikuti kegiatan Ulin Bareung 3 Soldadu yang digelar Kodim 0610 Sumedang. Kegiatan yang digelar sebagai rangkaian HUT ke-79 TNI ini, berlangsung selama dua hari yakni hari Sabtu 12 Oktober hingga Minggu 13 Oktober 2024.

Para Off Roader, memulai star dari halaman Yonif 301 Prabu Kiansantang melewati rute jalanan terjal di Kaki Gunung Tampomas. Terjalnya rute yang dilewati, membuat sejumlah kendaraan 4X4 sempat mogok hingga terjebak di jalur Offroad menuju Wisata Alam Curug Cipadayungan Desa Padasari Kecamatan Cimalaka.

Dandim 0610 Sumedang, Letkol Kav Christian Gordon Rambu menyampaikan apresiasinya kepada sejumlah pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Utamanya kepada para offroader dari berbagai komunitas se-Jawa Barat yang ikut serta memeriahkan gelaran Ulin Bareng 3 Soldadu.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Dirgahayu ke-79 TNI tahun 2024. Jadi seluruh offroader berkumpul masuk ke jalur Padayungan dan semuanya luar biasa happy pun, jadi ada jalur off road, jalur ekstrim dan juga ada campervan. Kegiatannya cukup luar biasa dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada official, Perhutani, Forkopimda, Panitia serta seluruh komunitas off road di Jawa Barat,” katanya.

Selain Off Road, lanjut Dandim, seluruh komunitas off road juga diajak untuk melakukan penanaman bibit pohon di kawasan jalur yang dilewati serta di lokasi wisata Cipadayungan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pelestarian lingkungan serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penghijauan.

“Kami juga mengajak kepada seluruh off roader ikut turut mencintai alam. Jadi kami mengajak offroader untuk menanam pohon di kanan kiri jalan yang pohonnya sudah di tebang. Lalu kami tanami satu persatu bibit pohon, salah satu cara kita jangan sampai off roader merusak lingkungan,” ucapnya.

Selain itu, kegiatan diisi juga bakti sosial berupa pembagian sembako kepada masyarakat sekitar.

Kegiatan dihadiri oleh, Dandim 0610/Sumedang Letkol Kav Christian Gordon Rambu M.Si (Han), Kapolres Sumedang diwakili Kapolsek Cimalaka AKP Yudi, Pj. Bupati Sumedang diwakili Kaban Kesbangpol Drs.H. Asep Tatang Sudjana M.Si, Danyonif 301/ PKS diwakili, Perwakilan IOF Jabar, Pasi Intel Kodim 0610/Sumedang Kapten Arm Roni Mardani, Danramil 1002/Cimalaka Kapten Inf Lesly Darmawan , Panitia Ubar 3 Soldadu, Para Peserta Offroad dan Camper Van. (Bah)